Rabu, 22 Desember 2010

IDENTITAS BUKU


IDENTITAS BUKU
Judul : Istriku Menikahkanku
Penulis : As Sayyid bin Abdul Aziz As Sa’dani
Penerbit : Darul Falah
Cetakan : I
Tahun : Agustus 2004 M
Halaman : xxii + 173 

SINOPSIS
     Bab 1 berbicara tentang kisah seorang istri yang meminangkan seorang wanita untuk suaminya. Diikuti dengan contoh contoh lain dari wanita wanita yang meminangkan untuk suami suami mereka, diantaranya adalah kisah Sarah yang meminang Hajar untuk Ibrahim Alaihissalam. Dilanjutkan dengan sebab sebab ketakutan para wanita terhadap poligami, sebab sebab wanita menerima poligami, dan juga sebab sebab keberhasilan dan kegagalan sebagian laki laki dalam berpoligami.
     Bab 2 pada bab ini pembahasan seputar keutamaan poligami, hukum poligami, faedah-faedah poligami, bahaya dilarangnya poligami, dan tidak kalah menariknya tentang poligami sepanjang sejarah; yaitu poligami dalam Yahudi,  Nasrani, Masa Jahiliyah, dan dalam Islam.
     Bab 3 pembahasan seputar nasihat nasihat untuk istri pertama, kedua, dan juga untuk suami yang berpoligami, dll. Termasuk juga dibahas tentang bagaimana membuat para istri menerima poligami

KELEBIHAN, KEKURANGAN DAN KEBERMANFAATAN
     Kelebihan buku ini adalah banyak mengkaji tentang poligami dan Ta’ adud. Contohnya, seperti alasan mengapa  wanita takut suami mereka menikah lagi.
     Selain itu buku ini banyak menyampaikan pesan-pesan religius yang dapat memberikan pengetahuan ataupun juga dapat memberi pencerahan bagi pembaca.
     Kelemahan buku ini menurut saya ceritanya kurang dikemas untuk lebih menarik minat pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar